Room Attendant (Housekeeping)

  • Medan, Indonesia

  • Biaya Pelatihan : Gratis

  • Metode Pelatihan : Offline

  • Waktu Pelaksanaan : 19 June 2023

  • 13 June 2023

Tenggat Waktu

13 June 2023 - 18 June 2023


Deskripsi pelatihan Room Attendant (Housekeeping)
Pelayanan penginapan mengharuskan adanya keramahan, daya tarik dan pelayanan yang baik bagi tamu. Termasuk juga kebersihan dan pemeliharaan baik di dalam setiap kamarnya maupun di area umum. Nah, departemen housekeeping tidak hanya membahas persiapan dan pelayanan tamu tetapi juga termasuk membersihkan dan memelihara setiap sudut hotel. Sehingga semua tamu yang menginap merasa nyaman. Ruang lingkupnya yang luas membuat departemen ini memiliki anggota dan komponen yang paling banyak dibandingkan departemen lainnya. Tugas yang paling penting adalah membersihkan kamar bekas inap tamu dan menyiapkannya untuk ditinggali oleh tamu berikutnya.
Bagian ini harus berkomunikasi dengan baik dengan tim resepsionis hotel. Jangan sampai status kamar tidak ter-update sehingga tamu malah diberikan kamar yang belum selesai dirapikan. Bagian housekeeping juga harus berkoordinasi dengan bagian maintenance and engineering. Siapa tahu saat membersihkan kamar mereka menemukan kerusakan pada perlengkapan dan alat elektronik di dalam kamar. AC, pemanas portable, TV dan sistem kunci elektronik. Atau jika terjadi kerusakan pada peralatan milik hotel seperti mesin cuci, lampu. Koordinasi ini tidak hanya dilakukan secara manual. Zaman sekarang aplikasi dan software perhotelan sudah dapat mengintegrasikan komunikasi dan koordinasi antar bagian secara otomatis. Bagian housekeeping juga disebut sebagai ‘wajah suatu penginapan’. Karena kualitas layanan kamar serta fasilitas hotel lainnya merupakan tanggung jawab mereka. Selain juga departemen ini menjadi pendukung kinerja departemen lainnya. Sebegitu luas dan kompleksnya tugas dan wewenang departemen ini.
Mereka berhubungan langsung dengan para tamu, misalnya saat membersihkan kamar, mengambil atau mengantarkan laundry. Mereka juga berhubungan langsung dengan sesama karyawan hotel.
Disabilitas yang diterima
- tidak menerima peserta penyandang disabilitas
Sertifikat Pelatihan
- Sertifikat LPK
- Sertifikat BNSP
Persyaratan peserta
KEMAMPUAN DASAR
RENTANG USIA
  • Time management
  • Komunikasi
  • Ketelitian
  • Fleksibel
  • Disiplin
  • Ramah
  • Skill customer service
  • Mengenali peralatan dan bahan yang tepat untuk pembersihan

Karena sebagai seorang housekeeping, mereka butuh berkomunikasi dengan para tamu. Tentunya komunikasi tersebut harus berlangsung dengan baik dan dilakukan dengan penuh keramahan. Buat kamu yang ingin belajar dan memperdalam skill hospitalitymu, ini waktu yang tepat untuk memulainya. 

17 Tahun - 28 Tahun
JENIS KELAMIN
PERSYARATAN KHUSUS
Laki-laki & Perempuan
  • Persyaratan :
  • 1. Pendidikan Minimal SMA.
  • 2. Memiliki smartphone/laptop dan jaringan internet.
  • 3. Umur 17 s/d 27 Tahun
  • 4. Bekerja atau memiliki latar belakang pendidikan bidang perhotelan & pariwisata tingkat dasar.
  • 5. Sehat Jasmani
  • 6. Bisa Berkomunikasi dengan Tim